Pendidikan Tinggi Saja Belum Cukup Untuk Memenangkan Persaingan

Kesuksesan hidup ternyata tidak semata-mata ditentukan oleh tingkat pendidikan. Banyak orang yang memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi namun pendidikannya itu tidak cukup membantunya dalamĀ  menghadapi persaingan hidup yang semakin hari semakin ketat dan akhirnya hanya mampu membuatnya menjadi pecundang. Tetapi sebaliknya ada yang hanya mampu tamat dari sekolah dasar saja tetapi berhasil menaklukkan berbagai kesulitan hidup dan tampil menjadi pemenang.

Orang yang memiliki ijazah pendidikan tinggi terkadang merasa dirinya hanya pantas mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikannya, padahal realita yang dihadapi tidak seideal yang diharapkan. Tidak seimbangnya penyerapan tenaga kerja dibanding jumlah peminatnya juga menjadi problem tersendiri. Apalagi kebanyakan fresh graduate tidak memiliki nilai tambah yang dapat menarik simpati perusahaan untuk merekrutnya dan faktanya juga pasar tenaga kerja lebih memilih tenaga-tenaga yang telah terlatih dan lebih siap pakai dibanding fresh graduate yang “masih hijau” dan jauh dari pengalaman.

Nah lalu apa tindakan anda menyikapi kondisi di atas, jangan khawatir dan takut. Kalau anda memiliki kualitas tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Bekerja di perusahaan atau bekerja dengan usaha sendiri sama-sama memiliki peluang untuk mengangkat taraf kehidupan kita ke arah yang lebih baik. Sepanjang anda mau dan siap untuk bekerja keras dan punya kemauan terus belajar untuk mempersiapkan strategi yang lebih baik dalam memenangkan persaingan.

Pasif dan pasrah dengan keadaan karena ketatnya persaingan tidak akan merubah hidup anda. Lakukan sesuatu yang dapat kembali menyalakan semangat anda, karena persaingan hidup hanya dapat dimenangkan dengan kekuatan mental dan semangat yang tinggi. Disinilah banyak orang yang tidak siap untuk menjalaninya, mereka berfikir kalau diterima bekerja sebagai seorang sarjana tentu hidupnya akan nyaman dan tidak perlu banyak bekerja keras lagi.

Sehingga yang terjadi adalah selalu menunggu kesempatan adanya lowongan pekerjaan di perusahaan, dan tanpa terasa umurnya telah habis sekian tahun hanya untuk menunggu kesempatan kerja yang tidak pernah jadi kenyataan.

Sungguh menyedihkan, umur habis percuma namun pengalaman apapun tidak ada di dapat. Inilah yang membuat hidup banyak orang menjadi mundur. Mestinya dengan modal kesarjanaan dan pendidikan tingginya menjadi mudah baginya untuk menaklukkan kehidupan ini. Namun ternyata semua ilmu yang dipelajari dikampus hanya tinggal dalam lembaran-lembaran buku saja tanpa pernah dapat dipraktekkannya.

Prinsipnya adalah lakukan apapun saat ini yang bisa anda lakukan, jangan menunggu sesuatu yang belum pasti, merintis usaha yang awalnya mungkin dalam skala kecil sangat mungkin anda lakukan, jangan pernah berfikir untuk gengsi melakukannya karena anda adalah seorang sarjana, karena rasa gengsi ini dapat menjebak anda dan membuat langkah anda terus mundur ke belakang.

Sudah banyak contoh orang-orang yang sukses hari ini, yang dulunya mereka memulai usahanya dalam skala yang cukup kecil namun karena kesungguhannya dalam mengembangkan usaha, usahanya semakin lama semakin berkembang dan saat ini mereka memiliki banyak perusahaan yang dulunya bisa jadi tidak pernah mereka bayangkan dapat memilikinya.

Pasti banyak pelajaran yang akan anda dapatkan dengan merintis kegiatan-kegiatan yang produktif seperti mencoba berwirausaha, dengan melakukannya secara konsisten dan disiplin bukan tidak mungkin usaha yang anda rintis akan semakin berkembang menjadi lebih besar. Yang paling penting anda akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang sebelumnya tidak anda ketahui. Dengan modal kesarjanaan anda mestinya anda tau strategi apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha. Sedangkan orang yang hanya tamat sekolah dasar saja mampu mengembangkan usahanya ?

Kuncinya adalah kerja keras dengan diiringi kerja cerdas dan akhirnya disempurnakan dengan kerja ikhlas akan membawa usaha anda ke arah yang lebih baik. Jangan menunggu sesuatu yang tidak pasti, jangan pernah gengsi untuk mencoba berusaha, tapi lakukan sesuatu yang lebih pasti dan memberikan pengalaman baru bagi anda dan berjalannya waktu menjadikan anda semakin trampil dan cerdas dalam memenangkan persaingan. Dan kabar baiknya anda juga telah mengoptimalkan potensi yang ada pada diri anda sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT.

Baihaqi Life Optimizer

Ingin berkonsultasi tentang masalah karir dan kehidupan anda, silakan menghubungi nomor HP 0852 8811 9564

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer