Orang Cerdas Pandai Bersyukur

Cerita syukur tidak akan pernah selesai dibahas karena kita tidak pernah pula berhenti mendapat kucuran nikmat dari Allah SWT, sungguh masih terlalu kecil tingkat kesyukuran kita dibanding dengan nikmat-nikmat dari Allah SWT yang tiada putusnya dan masih kita terima sampai detik ini. Sehingga wajar Allah SWT menyatakan di dalam Al Qur’an  : “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya.” (Surah An Nahl: 18)

Sungguh tidak akan pernah kita mampu membalas berbagai nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Manusia tidak akan mampu menghitung nikmat Allah karena begitu banyaknya. Namun banyak pula manusia yang justru semakin ingkar dan jauh dari Allah SWT karena berbagai nikmat yang telah diperolehnya. Hal ini terjadi karena ia menganggap tidak ada campur tangan Allah SWT terhadap berbagai nikmat yang telah diperolehnya.

Padahal Allah SWT telah menyatakan dengan begitu jelas dalam Al Qur’an :”Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl : 53).

Maka agar kita terhindar dari sikap kufur nikmat mari gunakan berbagai nikmat yang telah kita peroleh sesuai dengan kehendak Allah SWT Sang Pemberi Nikmat. Karena berbagai nikmat yang kita terima selama di dunia kelak akan dipertanggung jawabkan kepada Allah SWT.

Nikmat harta harus kita gunakan untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat, termasuk menolong saudara-saudara kita yang kondisi ekonominya lemah, inilah bukti syukur atas kepemilikan harta. Harta memang milik kita tetapi ada hak-hak fakir miskin dalam harta-harta kita dan Allah SWT juga menyuruh kita untuk memperhatikan kaum dhuafa.

Nikmat jabatan digunakan untuk mempermudah segala urusan baik yang menyangkut kepada urusan di dalam perusahaan ataupun kepentingan orang banyak. Dimanapun posisi anda saat ini buktikan anda mampu bersyukur terhadap amanah jabatan yang ada. Menyelewengkan jabatan dan tidak amanah merupakan tanda kufur nikmat terhadap jabatan.

Intinya apapun profesi anda hari ini selalu ada kesempatan untuk selalu mensyukurinya, karena melalui profesi yang kita emban kita dapat membuktikan bahwa profesi kita bisa memberi manfaat bagi kepentingan orang banyak, semakin tinggi kesyukuran akan berdampak kepada kualitas kerja dan kualitas pelayanan yang kita berikan, maka tingkatkanlah kesyukuran kita dalam segala bidang kehidupan agar nikmat-nikmat yang baru ditambah Allah SWT.

Baihaqi

Life Optimizer Trainer

SHARE JIKA ANDA MENDAPAT MANFAAT

Visit www.baihaqilifeoptimizer.com
Follow twitter @BaihaqiMdn

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer