Mengoptimalkan Waktu Setelah Pensiun

Pensiun terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang karena adanya anggapan akan menjadi orang-orang yang tersisih dari kehidupan setelah masuk masa pensiun karena hilangnya status yang selama ini dibanggakan baik sebagai pejabat atau sebagai pegawai dari satu perusahaan atau instansi.

Namun bagi sebagian orang masa pensiun bisa menjadi sebuah “hari kebebasan” yang selama ini sudah lama ditunggu kedatangannya, karena dengan pensiun mereka merasa sudah terbebas dari rutinitas harian selama puluhan tahun yang cukup melelahkan.

Sahabat life optimizer bagaimana dengan anda ? apakah anda juga galau atau sebaliknya senang dalam menghadapi masa pensiun ? ini semuanya kembali kepada persiapan kita selama masih aktif sebagai pegawai/karyawan.

Banyak orang yang galau dan ketakutan ketika masuk masa pensiun atau istilah populernya mengalami Post Power Syndrome, karena tidak punya perencanaan yang tepat akan apa yang dilakukan setelah menjalani masa pensiun. Sehingga yang muncul adalah kekhawatiran akan menjadi orang yang tidak berguna atau disisihkan.

Perasaan galau dan takut atau post power syndrome tidak perlu muncul jika kita memiliki konsep dan persiapan yang matang sebelum memasuki masa pensiun. Training persiapan pensiun yang cukup populer saat ini merupakan salah satu cara untuk membekali para calon pensiunan untuk dapat mempersiapkan diri dan mentalnya agar memiliki sikap yang tepat sehingga tetap produktif walaupun telah memasuki masa pensiun.

Ya, tetap produktif adalah kata kunci yang harus diingat. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan datangnya masa pensiun. Justru inilah kesempatan terbaik untuk mengisi hari-hari selama pensiun dengan berbagai kegiatan yang menarik sehingga dapat menjaga semangat hidup untuk tetap produktif dan memberi manfaat bagi diri dan orang lain.

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam masa pensiun, jika anda ingin tetap produktif menghasilkan income untuk keluarga coba jalankan satu usaha baru yang bisa anda mulai dalam skala kecil untuk menghindari resiko kerugian yang besar, dengan praktek dan pengalaman yang anda dapatkan ditambah mendalami ilmu bisnisnya dapat membantu anda untuk mengembangkan usaha yang telah dirintis. Dan usahakan ada mentor atau teman yang telah punya pengalaman sebagai teman diskusi untuk pengembangan usaha ke depan.

Namun saran saya jika memungkinkan rintislah usaha jauh sebelum pensiun, supaya usaha yang dirintis tinggal dilanjutkan pada saat memasuki pensiun, dan kita tidak terkejut lagi dengan ritme kehidupan yang baru karena sudah bisa fokus sepenuhnya  pada usaha yang telah dijalani selama ini.

Memulai usaha saat pensiun justru bisa menimbulkan keraguan akan kemampuan diri, karena sudah terbiasa nyaman dan aman dengan pendapatan rutin harus berhadapan dengan kondisi yang tidak pasti apakah usaha akan berhasil atau gagal. Ini tentu butuh persiapan yang baik juga sehingga tidak kecewa dan trauma untuk masuk ke dunia usaha.

Untuk ini anda bisa berdiskusi dengan saya lebih lanjut untuk mengetahui tips dan trik dalam memulai dan mengembangkan usaha agar terhindar dari kerugian dan kegagalan usaha.

Sahabat life optimizer mari manfaatkan masa pensiun seefektif mungkin, isi hari-hari anda dengan kegiatan yang positif dan produktif. Tetap kembangkan potensi diri, terus belajar untuk mengembangkan kualitas diri dan siap berbagi ilmu dan pengalaman kepada sesama agar hidup anda lebih berkah dan bermanfaat. Sehingga perasaan tidak berguna dan merasa disisihkan tidak pernah muncul dalam pikiran anda.

Dan yang terpenting jangan lupa untuk menjaga kebugaran anda dengan rajin berjalan kaki di pagi hari yang sejuk dan bersepeda baik sendiri maupun dengan teman-teman dekat anda, sungguh masa pensiun merupakan masa-masa terbaik untuk menikmati hari-hari di kehidupan anda bersama orang-orang tercinta di sekitar anda.

Selamat menikmati hari-hari terbaik dalam kehidupan anda.

Baihaqi

Life Optimizer Trainer

SHARE JIKA ANDA MENDAPAT MANFAAT

Visit www.baihaqilifeoptimizer.com
Follow twitter @BaihaqiMdn

 

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer