Memilih Usaha Yang Tepat Untuk Mengisi Masa Pensiun

 

Tidak semua pegawai yang betul-betul aman dan punya tabungan yang cukup saat menjalani masa pensiun, artinya tanpa bekerja lagi pun mereka sudah cukup menikmati hasil keringat selama puluhan tahun bekerja. Tetapi kenyataannya masih banyak yang memasuki masa pensiun dan harus kembali bekerja karena desakan ekonomi dan kebutuhan yang masih banyak, apakah untuk membiayai pendidikan anak, membayar biaya perobatan keluarga, atau bisa jadi untuk menutupi cicilan hutang yang masih cukup besar. Sehingga tidak ada pilihan lain dan tetap bekerja atau mencoba memulai sebuah usaha baru untuk membiayai berbagai kebutuhan dan kewajiban yang ada.

Sahabat Life Optimizer jangan sampai uang pensiun yang harusnya menjadi bekal menyambung hidup menjadi hilang sia-sia karena kurangnya informasi atau pengetahuan yang anda miliki. Terkadang sedih juga mendengar ada orang yang menggunakan cadangan uang pensiunnya untuk diputar dalam sebuah bisnis yang  ternyata hanya bersifat money game dan hanya mengorbankan member-member yang buta akan bisnis yang dimasukinya. Mereka hanya termakan rayuan teman-teman yang mengajaknya bergabung dengan janji akan mendapat keuntungan yang besar dalam tempo singkat. Awalnya memang mereka mendapat bagian keuntungan namun setelah itu dana yang telah diinvestasikan tidak jelas lagi nasibnya dan akhirnya bisnis yang diikutinya raib hilang tanpa kejelasan. Banyak yang telah menjadi korban karena ingin cepat kaya dengan cara yang mudah tapi lupa dengan resiko yang ada dibaliknya. Kurang kritisnya karena sudah tergiur dengan keuntungan di depan mata. Inilah yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak kenal halal haram dalam hidupnya.

Mengapa anda tidak mencoba untuk memilih sebuah usaha yang lebih pasti untuk dijalani sendiri ? dari pada menyerahkan sebagian besar uang anda kepada orang-orang yang tidak jelas kejujuran dan amanahnya. Jangan mudah termakan rayuan atau omongan orang yang bisa memberikan keuntungan cepat dan mudah. Pasti ada sesuatu dibalik omongannya. Daripada anda buntung sebelum untung lebih baik abaikan saja tawaran-tawaran untuk bergabung dalam bisnis yang menjual mimpi cepat kaya itu. Ayo mulai merintis bisnis sendiri jika memang anda ingin punya penghasilan yang lebih pasti.

Berbagai pilihan usaha bisa anda pilih, mulai dari bidang kuliner, pendidikan, kesehatan, peternakan, perikanan, pertanian, konveksi dan lain-lain masih banyak tentu jika kita gali lagi. Prinsipnya kumpulkan dulu informasi sebanyak-banyaknya mengenai usaha yang akan dipilih mulai dari fase produksi sampai pemasarannya atau detail a-z harus benar-benar kita fahami dan kuasai termasuk resiko-resiko yang akan dihadapi saat menjalani bisnisnya sehingga  kita telah benar-benar siap dan yakin akan ketepatan usaha yang dipilih.

Memang tidak mudah saat awal-awal merintis tetapi jika dijalani secara sabar dan tekun lama-lama kita akan terbiasa dan semakin matang dalam mengelola bisnisnya. Dan bukan tidak mungkin bisa dikembangkan lebih besar lagi skala bisnisnya kedepan seperti membuka cabang baru atau memperluas wilayah pemasaran. Carilah orang yang tepat jika anda membutuhkan tambahan personil untuk mendukung bisnis anda, carilah dari keluarga terdekat jika ada, setidaknya bisa membantu mereka juga, atau orang yang kita kenal dan benar-benar membutuhkan pekerjaan atau bisa juga membuka iklan lowongan kerja di berbagai media yang ada.

Memiliki usaha sendiri walaupun hasilnya belum seberapa masih jauh lebih baik daripada menyerahkan uang kepada orang yang tidak jelas kredibilitasnya kemudian berharap atau bermimpi mendapat untung besar. Hasil usaha bisa ditingkatkan dengan kemauan belajar yang tinggi dibarengi dengan kerja keras, cerdas dan ikhlas dan yang pasti tidak ada rasa was-was karena semuanya kita lakukan sendiri dan tentunya dengan selalu memohon perlindungan dan bantuan dari Allah Yang Maha Memberi Rezeki.

#LifeOptimizerForPension

#OptimalkanMasaPensiun

#TrainingPersiapanPensiun

 

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer