Lupa Bersyukur Saat Nikmat Melimpah

Setiap orang tentu menginginkan kehidupannya menjadi lebih baik, semakin lapang dan mudah dengan  terpenuhinya segala kebutuhan hidup, serta mendapat berbagai limpahan karunia dari Allah SWT yang tiada putusnya. Sudah tentu semua Sahabat Life Optimizer juga menginginkan hal yang sama. Tapi tahukah anda bahwa syarat utama untuk mendapatkan semua itu sangat berhubungan dengan rasa syukur yang kita miliki.

Sahabat Life Optimizer bahasan kita kali ini ini adalah bagaimana menjaga tingkat kesyukuran kita agar dari hari ke hari, waktu ke waktu menjadi lebih baik. Hal ini menjadi begitu penting untuk dibahas karena ternyata rasa syukur yang terjaga dan terpelihara secara berkelanjutan akan menjamin pula perkembangan kualitas kehidupan kita di masa mendatang.

Sahabat Life Optimizer mungkin sudah tidak asing lagi dengan isi Firman Allah SWT pada surah Ibrahim: 7 :”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka akan Aku tambah (nikmat) kepadamu. Tapi jika kamu mengingkari (nikmatKu), sesungguhnya azabKu sangat pedih.” Nah, ayat ini menjadi dasar bagi kita agar selalu menjaga kesyukuran atas berbagai nikmat yang telah kita terima sampai saat ini sebagai syarat untuk mendapat tambahan nikmat yang baru dari Allah SWT.

Walaupun pada kenyataannya harta yang melimpah, jabatan yang tinggi serta berbagai nikmat yang diperoleh  tidak menjamin orang tersebut jadi semakin bersyukur kepada Allah SWT. Logikanya pada saat kita diberikan berbagai limpahan nikmat semestinya tingkat kesyukuran kita pun bergerak naik seiring kuantitas dan kualitas nikmat yang kita peroleh. Tapi faktanya berbicara lain, justru banyak orang yang tergelincir dan semakin lupa bersyukur karena berbagai nikmat yang diterimanya.

Hal ini terjadi karena mereka menganggap nikmat yang diperolehnya dalam bentuk harta atau jabatan tidak ada kaitannya dengan kuasa Allah SWT tapi semata-mata karena usahanya sendiri. Kisah Qarun yang terkubur dengan hartanya terjadi karena keingkarannya kepada Allah SWT. Ia menganggap seluruh harta yang dimilikinya adalah karena hasil jerih payahnya sendiri. Sehingga ia tidak mau mengeluarkan zakat sebagai kewajiban dari Allah SWT untuk menolong orang-orang miskin.

Maka apapun nikmat yang saat ini anda miliki seperti dalam bentuk harta dan jabatan seharusnya menjadi jalan untuk menunjukkan rasa syukur anda kepada Allah SWT. Gunakan harta pada jalan yang diridhai-Nya seperti untuk menolong orang-orang lemah disekitar kita dan jabatan juga digunakan untuk memudahkan dan membantu urusan banyak orang sehingga menjadi lebih mudah dan lancar.

Kesadaran bahwa sumber semua nikmat adalah dari Allah SWT merupakan kunci untuk tetap terjaganya rasa syukur kita dan jalan untuk tetap melimpahnya nikmat dari Allah SWT. Jika anda masih mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup anda mungkin anda perlu memperbaiki sikap syukur dalam diri anda. Marilah kita perbaiki dan tingkatkan kesadaran ini supaya Allah SWT tidak berhenti untuk menambah nikmat-nikmatNya kepada kita.

Baihaqi
Life Optimizer Trainer

SHARE JIKA ANDA MENDAPAT MANFAAT

Visit www.baihaqilifeoptimizer.com
Follow twitter @BaihaqiMdn

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer