Kunci Semakin Bahagia di Masa Pensiun

Pensiun adalah masa yang dinantikan oleh sebagian orang walaupun banyak juga yang merasa takut memasuki masa pensiun. Karena merasa akan kehilangan sumber pendapatan rutinnya. Tergantung anda pensiun di perusahaan apa. Kalau anda pensiun dari perusahaan yang besar dan kaya maka bisa jadi setelah pensiun anda akan merasa berbahagia dan senang karena mendapat uang pensiun yang lebih dari cukup. Tetapi banyak juga yang saat pensiun pesangonnya hanya cukup untuk beberapa bulan atau tahun saja. Sehingga setelah itu terpaksa harus kembali berjuang untuk menafkahi keluarganya.

Normalnya saat kita memasuki masa pensiun maka kita benar-benar bebas dan lepas dari segala rutinitas yang selama ini mewarnai kehidupan kita. Dan pensiun menjadikan kita merdeka secara waktu karena tidak terikat lagi dengan jam kerja yang selama ini membelenggu.

Bahagia saat pensiun ditentukan oleh persiapan yang telah dilakukan saat masih aktif bertugas. Baik dari sisi ekonomi, mental dan fisik. Banyak yang saat pensiun sakit-sakitan karena tidak menjaga kesehatannya saat masih aktif. Banyak pula yang ekonominya masih morat-marit saat masuk pensiun karena tidak pandai mengelola keuangan saat masih bekerja. Maka bahagia saat pensiun menjadi mimpi yang jauh dari kenyataan.

Tidak ada yang datang tiba-tiba semua hasil muncul dari perencanaan dan persiapan yang panjang dan matang secara lahir dan batin. Maka untuk mencapai bahagia saat pensiun butuh persiapan yang serius dan panjang. Jika tidak masa tua Anda akan dihadapi dengan kesulitan demi kesulitan..na’uudzubillah.

Maka untuk bahagia dimasa pensiun perlu disiapkan sejak dini selama masih aktif di pekerjaan, jaga kesehatan seoptimal mungkin dengan berolah raga secara rutin minimal dengan berjalan kaki atau jogging setiap hari atau beberapa kali dalam sepekan, makan makanan yang sehat sehingga tubuh tidak gampang sakit dan jauhi rokok dan makanan serta minuman instant agar tidak menjadi bom waktu bagi tubuh dalam jangka panjang. Sumber penyakit kebanyakan adalah karena usus yang memiliki banyak toksin akibat sembarangan makan.

Terkait pengelolaan keuangan agar tetap sejahtera saat pensiun maka perlu menyiapkan tabungan yang cukup untuk menghadapi masa pensiun dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting, dan jika memungkinkan mulai membuat rencana untuk menjalankan sebuah usaha yang baru agar dapat dijalankan saat masuk pensiun.

Demikian persiapan yang perlu dilakukan sebelum Anda pensiun sehingga bahagia saat pensiun bisa anda wujudkan sesuai rencana.

#LifeOptimizerForPension

#OptimalkanMasaPensiun

#TrainingPersiapanPensiun

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer