Kelemahan dan Keterbatasan Bukan Untuk Ditangisi

Nasib setiap manusia memang berbeda-beda, ada yang dilahirkan dari keluarga yang berada dan kaya sehingga kehidupan yang dijalani penuh dengan kenikmatan dan kemudahan sementara disisi lain ada yang dilahirkan dari keluarga yang biasa-biasa saja dan ada pula yang lahir dari keluarga yang miskin sehingga hidup hanya menyisakan kisah pedih dan penderitaan yang tiada habisnya. Banyak pula yang lahir dengan kondisi yang kurang beruntung dengan tubuh yang cacat ataupun anggota tubuh yang tidak lengkap seperti manusia normal.

Sahabat, kalau boleh memilih, dari tipe keluarga yang mana anda akan memilih untuk dilahirkan ?

Tentu kita tidak bisa memilih untuk lahir dari keluarga yang mana, kalau bisa memilih tentu kita pasti akan memilih untuk terlahir dari keluarga yang kaya raya, benar bukan ?

Ternyata kaya tidak menjamin masa depan yang cemerlang dan dipenuhi cerita sukses, karena banyak justru yang terperosok dengan kekayaannya, karena banyak juga orang yang tidak mampu mengelola harta kekayaannya pada jalur yang tepat. Sebaliknya hartanya justru menjadi sumber petaka karena banyak dihabiskan untuk hal-hal yang mubazir dan sia-sia sehingga tanpa disadari kekayaannya sedikit demi sedikit habis dan akhirnya kondisi hidupnya menjadi terbalik menjadi miskin bahkan dililit hutang.

Pasti banyak cerita disekitar kita seputar orang kaya yang bangkrut dan terlilit hutang. Saya memiliki pengalaman masa kecil dengan sahabat yang terlahir dari keluarga yang cukup kaya raya, namun ternyata kekayaan orang tuanya menjadi sumber kehancuran sahabat saya ini, karena uang yang melimpah sangat mudah baginya untuk memenuhi apapun yang diinginkannya.

Namun tanpa diketahui orang tuanya ia terlibat dengan narkoba, uang yang melimpah memudahkannya untuk mendapatkan barang haram ini. Ia menjadi pemakai bahkan sampai jadi pengedarnya dan akhirnya masa depannya hilang karena dihancurkan oleh narkoba, hidupnya hari ini hanya menjadi beban bagi keluarga. Ini sebuah bukti kekayaan yang menjadi sumber malapetaka. Jadi jangan merasa cepat puas dan bangga dengan kekayaan yang anda miliki saat ini.

Sebaliknya jika hari ini kehidupan anda kurang beruntung karena keterbatasan ekonomi atau bahkan keterbatasan fisik sekalipun, jangan segera menyerah dan hanya menangisi kondisi anda. Banyak orang yang telah membuktikan keterbatasan ekonomi bahkan fisik tidak menghalangi seseorang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Begitu banyak kisah yang dapat menginspirasi kita untuk bangkit dari kelemahan dan keterbatasan kita.

Diantaranya adalah kisah Shahid Khan, awalnya ia hidup dalam kesulitan ekonomi tapi saat ini ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia.  Sebelum hijrah dari Pakistan ke Amerika, ia rela bekerja keras sebagai pencuci piring di sebuah restoran. Khan bekerja sambil menjalankan kuliahnya di University of Illinois. Sekarang Khan dikenal sebagai pemilik perusahaan bernama Flex-N-Gate, NFL’s Jacksonville Jaguars dan klub sepak bola di liga premier, Fulham dengan total kekayaan  $3,8 miliar.

Ada pula kisah John Paul DeJoria, siapa sangka sang pendirik kerajaan perawatan rambut, John Paul Mitchell, pernah hidup sebatang kara. Ia sebelum berumur 10 tahun, telah berbisnis kartu ucapan natal dari satu rumah ke rumah lain. Dia juga pernah berjualan koran, dan semuanya hanya untuk keluarganya. Dia kemudian dikirim ke panti asuhan hingga masuk ke kehidupan gangster, lalu ikut militer.

Bermodal $7.000 pinjaman, DeJoria menciptakan formula rahasia bernama John Paul Mitchell Systems. Dari sampo itu, ia mendapatkan keuntungan dengan menjualnya dari pintu ke pintu. Ia tak langsung sukses seketika, sambil menjual sampo, dia rela tidur di dalam mobil. Dia lalu memulai Patron Tequila, lalu sibuk berinvestasi diberbagai industri dan berkat kerja kerasnya saat ini kekayaannya mencapai $4 miliar.

Inspirasi bagi yang memiliki keterbatasan fisik saya pilihkan kisah Hee Ah Lee seorang pianis kelas dunia yang terlahir dengan 4 jari, 2 di tangan kanan dan 2 di tangan kiri. Selain itu, dia juga terlahir dengan kaki yang cacat, hanya sampai lutut. Dan yang lebih menyedihkan lagi adalah selain terlahir dengan kondisi fisik yang cacat, Hee Ah Lee juga memiliki keterbelakangan mental.

Bukan sampai disini saja cobaan yang dihadapi Hee Ah Lee dan ibunya, karena kondisinya itu dia pun dijauhi oleh keluarga besarnya. Keluarga besar yang seharusnya memberikan dukungan penuh akan kehidupan Hee Ah Lee dan ibunya justru menjauhi mereka. Bila sebagian orang menyerah dengan keadaan, tidak begitu dengan ibu Hee Ah Le. Sang ibu tercinta merawat Hee Ah Lee dengan penuh kasih sayang dan memberinya motivasi untuk terus maju dan berkembang. Ibu Hee Ah Lee yang bernama Woo Kap Sun adalah seorang pahlawan bagi kehidupan anak gadis ini. Dengan kasih sayang dan penuh kesabaran, sang ibu berjuang agar anak gadisnya tersebut bisa menjadi seorang yang memiliki kemahiran dalam bermain piano.

Walaupun banyak sekali orang yang meremehkan impiannya, Woo Kap Sun memiliki keyakinan bahwa setiap ada kekurangan pasti Tuhan akan memberikan kelebihan, karena tidak ada manusia yang terlahir dengan sempurna. Walaupun secara fisik Hee Ah Lee tidak sempurna, tapi ibunya yakin suatu saat kelebihannya itu pasti akan muncul. Dan insting ibunya tidak salah, sekarang Hee Ah Lee menjadi begitu terkenal dengan ketrampilan permainan pianonya. Terbukti keterbatasan fisik tidak membatasi prestasi dan nasib seseorang.

Sahabat life optimizer hidup ini begitu singkat, bangkit dan lakukan sesuatu yang dapat segera merubah nasib anda. Ingat Firman Allah SWT : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11. Tidak ada waktu untuk menangisi dan menyesali kondisi yang ada karena itu tidak akan merubah keadaan tapi keadaan hanya akan dapat dirubah dengan usaha dan kerja keras yang nyata dan sungguh-sungguh.

Mulailah mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, dan tidak perlu malu atau gengsi dalam melakukannya baik dalam rangka untuk merubah kondisi ekonomi maupun meningkatkan kualitas diri kita. Berdiam dan pasrah adalah sifatnya orang-orang yang berputus asa, dan Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berputus asa.

Yakin dan optimislah anda pasti bisa meraih masa depan yang lebih baik dengan kesungguhan dan kerja keras mulai dari sekarang.

Baihaqi
Life Optimizer Trainer

SHARE JIKA ANDA MENDAPAT MANFAAT

Visit www.baihaqilifeoptimizer.com
Follow twitter @BaihaqiMdn

Info Training Call 0852 8811 9564

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer