Jangan Tunggu Pensiun Baru (Mulai) Usaha

Pensiun terkadang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, khususnya yang  hanya mengandalkan nafkah keluarga dari pendapatan sebagai seorang pegawai atau karyawan semata. Artinya saat pensiun tiba maka tidak ada lagi penghasilan tetap yang akan diterima atau kalaupun ada kemungkinan nilainya sudah jauh lebih kecil dibanding saat masih aktif menjadi pegawai. Dan bisa jadi sudah tidak mencukupi lagi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan keluarga.

Sementara sebagian orang sudah tidak banyak lagi mengeluarkan biaya untuk kebutuhan bulanannya sehingga tidak merasa ambil pusing atau takut walaupun sudah memasuki masa pensiun dan sepertinya tidak punya ambisi lagi untuk kembali bekerja atau membuka usaha. Namun tidak sedikit yang masih harus berjibaku membiayai keluarga seperti untuk anak, cucu atau saudaranya yang masih menjadi tanggung jawabnya.

Fenomena hidup susah setelah pensiun masih banyak kita temukan dimasyarakat, hal ini bisa saja terjadi karena ketidakmampuan mengelola keuangan selama masih aktif bekerja, sehingga tidak memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai hidup setelah pensiun. Atau memang penghasilan yang diterima saat bekerja belum mencukupi atau menutupi kebutuhan yang ada. Apalagi saat tiba masa pensiun maka kesulitan ekonomi yang ada akan semakin lebih nampak akibatnya.

Untuk tetap dapat membiayai  kebutuhan keluarga sebagian mencoba untuk mulai belajar usaha setelah  pensiun dan harus menghadapi kepahitan dan kegagalan yang tidak sedikit karena belum memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup dalam menjalankan bisnisnya sehingga akhirnya tidak berani  melanjutkan atau mencoba usaha yang baru karena takut gagal lagi. Akibatnya kehidupannya tetap jalan di tempat atau malah semakin sulit karena tidak memiliki sumber nafkah yang bisa diandalkan kedepannya. Bahkan modal hidup yang tidak seberapa pun telah habis digunakan untuk modal usaha…kasihan, kalau sudah begini tentu butuh kesabaran dan kegigihan untuk bisa bangkit kembali.

Banyak juga perusahaan yang memberi bekal bagi calon pensiun diperusahaannya untuk mengikuti pelatihan wirausaha sehingga diharapkan bisa menjadi bekal untuk menjalani masa pensiun. Walaupun terkadang program ini tujuannya hanya bersifat hiburan atau penghargaan bagi para pegawai yang akan memasuki masa penisun. Faktanya tidak banyak yang betul-betul serius langsung membuka usaha setelah mengikuti training ini apalagi jika program pelatihan ini diberikan saat calon pensiun telah benar-benar mendekati masa pensiunnya. Diantaranya menganggap dirinya sudah tua dan ingin istirahat dulu, merasa tidak ada lagi yang ingin dikejar dan mungkin saja belum menemukan jenis usaha yang tepat untuk dijalaninya. Akhirnya materi pelatihan yang diberikan hanya tinggal diruang-ruang kelas dan tidak ada implementasinya.

Sahabat Life Optimizer disinilah pentingnya  mengetahui ilmu sebelum memulai usaha, berani saja apalagi cuma dengan modal nekat belum cukup untuk memulai sebuah usaha, karena Anda memulainya dalam usia yang sudah terhitung “agak terlambat” diusia yang sudah pensiun memang bisa jadi kondisi fisik Anda masih kuat, tetapi tentu berbeda kondisinya kalau Anda memulainya dalam usia yang lebih muda atau jauh sebelum memasuki masa pensiun. Anda masih memiliki waktu yang panjang untuk belajar dan semangat belajar itu tentu berbeda saat di usia muda  dibanding dengan usia yang sudah pensiun. Terkecuali mungkin buat orang-orang tertentu yang tidak terpengaruh dengan usia dan tetap memiliki semangat yang kuat walaupun telah pensiun.

So.. saran bagi sahabat Life Optimizer jika Anda ingin memiliki sebuah usaha saat pensiun maka mulailah dari jauh-jauh hari persiapannya, karena memang kita perlu belajar banyak sebelum memulai sebuah usaha, dengan persiapan yang lebih panjang dan ilmu yang lebih banyak tentu resiko kegagalan bisa diminimalkan dan kalaupun gagal Anda masih punya banyak kesempatan dan semangat untuk mencoba bisnis yang berbeda atau tetap melanjutkan bisnis yang sudah Anda rintis sejak awal.

Carilah mentor yang memang sudah terbukti berhasil dalam bisnisnya dan menjadi rujukan banyak orang dalam menjalankan usaha. Dan lebih bagus lagi jika bisnis yang anda jalani adalah merupakan bagian dari hobbi anda sendiri sehingga anda bisa menikmati proses bisnis yang ada, dan ini tentu sangat membantu dalam mengembangkan bisnis kedepannya. Saat ini begitu banyak  sarana yang bisa kita gunakan untuk belajar usaha. Diantaranya anda bisa mampir ke channel youtube dari berbagai ahli bisnis dari level dunia atau dari dalam negeri, untuk belajar usaha dari awal sampai faham apa saja yang perlu dilakukan sebelum memulai sebuah usaha, semuanya ada disini. Prinsipnya jangan malas atau berhenti untuk belajar jika anda memang serius ingin memiliki sebuah usaha dimasa depan, mulailah dari sekarang untuk mempersiapkannya……ingat !!! jangan tunggu PENSIUN baru belajar (buka) usaha.

#LifeOptimizerForPension

#OptimalkanMasaPensiun

#TrainingPersiapanPensiun

Baihaqi

Life Optimizer Trainer

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer