Ingin Move On ? Tuliskan Visi Hidup Anda

Ukuran kita dalam menentukan kualitas kehidupan seseorang biasanya dinilai dari apa saja kegiatan yang dilakukan sehari-hari dalam hidupnya. Kita bisa mengatakan kualitas hidup seseorang rendah bila tidak ada sesuatu yang penting dan bermanfaat yang dilakukannya. Dan sebaliknya kita akan menyebutkan betapa berkualitasnya hidup seseorang karena begitu banyak hal yang bermanfaat dan penting yang telah dilakukannya untuk dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Sobat sekalian ternyata kualitas hidup yang kita jalani sangat bergantung kepada apa yang ingin kita capai dalam kehidupan ini. Atau dalam bahasa lain  disebut dengan apa visi yang ingin kita capai. Semakin tinggi dan mulia visi seseorang maka semakin besar pula usaha yang akan dikeluarkannya untuk mencapai apa yang diimpikannya. Sebaliknya jika seseorang memiliki impian yang rendah atau malah sama sekali tidak punya visi, bisa dipastikan hidupnya akan berjalan biasa-biasa saja dan tidak ada kerja-kerja besar yang akan dilakukannya.

Visi ibarat kompas yang akan mengarahkan seseorang untuk menuju kepada titik tertentu dan memastikan ia akan berada di sana , dan visi akan menjadikan seseorang untuk tahu apa saja yang harus dipersiapkannya sehingga ia  bisa  mencapai apa yang menjadi tujuannya. Dalam prakteknya agar visi ini kuat terpatri dan memberikan hasil terbaik bagi perbaikan kehidupan kita, sebaiknya visi kita tulis secara khusus agar dapat menjadi penguat bagi diri, agar terjaga semangat untuk terus berusaha mencapai apa yang kita impikan.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Harvard Business School pada rentang waktu tahun 1979-1989  dimana terdapat 3% mahasiswa yang  memiliki rencana hidup dan menuliskan apa yang ingin diraihnya, sementara sebanyak 13% mahasiswa hanya memiliki rencana hidup namun tidak menuliskannya dan 84% lagi tidak memiliki rencana hidup sama sekali. Dan singkatnya setelah 10 tahun kemudian mahasiswa dalam kelompok 3% yang memiliki rencana hidup dan menuliskannya berhasil memiliki tingkat kehidupan dan penghasilan yang lebih baik dibanding dua kelompok lainnya.

Visi hidup yang  ditulis sangat membantu kita untuk mengarahkan seluruh sumber daya yang kita miliki sehingga dapat dioptimalkan sepenuhnya untuk mencapai apa-apa yang kita impikan. Waktu, tenaga, modal yang kita miliki hanya kita arahkan untuk mempercepat kita menuju apa yang kita impikan, dan kita hanya memilih untuk menggunakannya pada hal-hal yang berkaitan dengan pencapaian visi kita.

Sahabat life optimizer, jika hari ini anda belum tahu apa yang ingin anda raih dalam kehidupan ini, sepertinya sekaranglah saatnya anda tentukan apa visi hidup anda. Guru saya Bapak Jamil Azzaini membagi visi kedalam dua bagian, yaitu visi akhirat dan visi dunia. Visi Akhirat adalah berisi keinginan tertinggi kita nanti sewaktu menjalani kehidupan di akhirat, tentu salah satunya anda pasti menginginkan surga dan hal terindah lainnya.

Selanjutnya tentukan apa visi dunia anda, visi dunia adalah berkaitan dengan pencapaian dari sisi materi yang akan membantu anda dalam menjalani kehidupan yang tentunya menjadi jalan juga untuk mendukung menuju visi akhirat yang anda inginkan. Apa saja yang ingin anda capai di dunia ini silakan anda tuliskan agar anda lebih termotivasi dan bertanggung jawab untuk meraihnya. Anda perlu membuat program yang lebih nyata untuk mendukung pencapaian visi dunia anda, dan jika anda ingin mendapatkan penjelasan lebih detail dalam penyusunan langkah-langkahnya bisa anda dapatkan dari Buku ON yang dikarang oleh guru saya Bapak Jamil Azzaini.

Ayo tuliskan segera visi atau rencana hidup anda, jangan tunda lagi agar hidup anda Move On ke arah yang lebih baik.

Baihaqi Life Optimizer

Jika anda ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang karir dan kehidupan anda,  silakan menghubungi nomor HP : 0852 8811 9564

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer