Ingin Kerja Anda Tidak Sia-Sia ? Perbaiki Niat Bekerja Anda

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Gallup Worlwide (sebuah lembaga riset internasional) direntang tahun 2011-2012 yang melakukan survei tentang motivasi kerja karyawan terhadap 73 ribu responden dari 141 negara di dunia, termasuk di Indonesia. Hasil riset GallupĀ  menunjukkan hanya 8% karyawan di Indonesia yang benar-benar memiliki level engagement yang tinggi, komitmen dan motivasi kuat dengan pekerjaannya, 92 % lainnya tidak memiliki semangat kerja.

Ada lagi data yang cukup memprihatinkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Ombudsman RI di akhir tahun 2013, hampir 50% pelayanan publik DKI masih jauh dari harapan. Dimana 50% dinas yang menyelenggarakan pelayanan publik belum memenuhi standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang. Sepertinya, kalau survei ini dilakukan juga di daerah-daerah lain, bisa jadi ada yang lebih parah lagi kondisinya.

Kemudian data hasil survei World Bank pada 2011 terhadap 183 negara, ternyata menempatkan Indonesia di urutan ke-129 dalam hal pelayanan publik.

Apa tanggapan anda terhadap hasil survey di atas ? mungkin anda terkejut mengetahui Informasi tersebut, namun sepertinya fakta lapangan cukup mendukung hasil survey. Kita bisa melihat masih rendahnya kualitas pelayanan di berbagai instansi khususnya pemerintahan, dan sepertinya anda pernah merasakan juga seperti apa kualitas pelayanan yang diberikan pada saat anda berinteraksi dengan pegawai di instansi tertentu.

Mengapa ini bisa terjadi ? kira-kira apa penyebabnya ? seharusnya sebagai karyawan apalagi yang terkait langsung dengan pelayanan kepada masyarakat semestinya mereka memiliki kesadaran untuk memberikan servis dan perhatian terbaiknya kepada setiap orang yang berinteraksi dengannya. Terlebih gaji yang mereka peroleh diantaranya bersumber dari pajak-pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

Hal ini bisa jadi menunjukkan masih rendahnya kesadaran serta ketidakpahaman fungsi dan peran mereka sebagai seorang karyawan dengan tanggung jawab yang melekat pada diri mereka yang seharusnya dengan tanggung jawab tersebut, mereka semestinya menjadi pelayan bagi pelanggan atau masyarakat. Akibatnya banyak sekali orang yang dirugikan dengan pola pelayanan yang diberikan oleh karyawan seperti ini.

Sahabat life optimizer jika saat ini anda berperan sebagai seorang pegawai yang menangani tugas terkait kepentingan masyarakat atau kepentingan pelanggan, sadarilah bahwa tugas anda begitu mulia dan penting, di level manapun anda berada manfaatkan kesempatan untuk memudahkan urusan orang-orang yang berinteraksi dengan anda. Inilah saat terbaik untuk membuktikan manfaat dari keberadaan anda, dan sungguh anda sangat beruntung karena setiap hari terbuka kesempatan untuk menolong begitu banyak orang.

Yakinlah niat untuk memudahkan urusan bagi setiap orang yang berurusan dengan kita kelak akan menjadi modal besar untuk mewujudkan kebahagiaan dan kelapangan hidup anda kedepannya. Jadikan pekerjaan sebagai salah satu ladang amal terbaik karena memang hampir 1/3 waktu habis di lingkungan pekerjaan, sungguh sayang kalau ini tidak dimanfaatkan secara optimal. Tidak salah jika disebutkan niatkan bekerja sebagai ibadah, supaya anda tidak hitung-hitungan dalam melaksanakan pekerjaan.

Maka sekali lagi perbaiki niat anda dalam bekerja, bahwa bekerja bukan sekedar datang, tanda tangan absen atau finger print lalu bekerja sekadarnya tanpa tanggung jawab dan terlibat penuh. Kalau hanya sekedar seperti itu gaya bekerja anda maka dalam jangka panjang anda telah menjerumuskan diri anda sendiri karena yang paling merasakan dampaknya kelak adalah anda sendiri karena kualitas anda tidak bertumbuh padahal anda telah bertahun-tahun bekerja.

Mari perlakukan pelanggan dan customer anda sebaik mungkin sebagaimana keinginan anda untuk diperlakukan secara baik juga apabila berurusan dengan orang lain. Sungguh kehadiran anda sangat diharapkan untuk menyelesaikan dan membantu banyak orang yang sangat ingin dimudahkan urusannya.

Baihaqi

Life Optimizer

Untuk mendapatkan info artikel-artikel lainnya silakan buka www.baihaqilifeoptimizer.com

 

 

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer