Hiduplah Untuk Masa Depan, Tinggalkan Masa Lalu Anda, Agar Hidup Anda Lebih Baik

Kemampuan seseorang untuk mengambil pelajaran dari perjalanan hidupnya serta cara seseorang dalam mengisi waktunya  sangat menentukan  kualitas kehidupannya di masa depan. Kita bisa melihat bagaimana kemampuan orang-orang yang telah sukses dalam mengelola waktunya serta cara mereka untuk belajar dari perjalanan hidupnya. Perhatikan, walaupun kegiatannya sangat padat dan variatif  namun mereka tetap bisa menjalani berbagai aktivitas tersebut dengan lancar dan produktif. Dan mereka selalu mampu mengambil hikmah terbaik dari setiap kejadian hidupnya. Sementara sebagian orang lagi seperti kebingungan untuk mengisi waktunya, sehingga kehidupannya seperti berhenti dan tetap jalan di tempat  tanpa ada perubahan yang berarti. Dan setiap kejadian yang menyertai hidupnya tidak pernah memberi pelajaran yang berarti bagi perbaikan hidupnya.

Kegagalan  hidup kebanyakan orang  terjadi karena tidak mampunya mereka mengelola sumber daya waktu yang dimilikinya, sehingga waktu demi waktu yang dilaluinya tidak memberikan pertambahan ilmu dan pengalaman baru sebagai bekal untuk memperbaiki kondisi hidupnya. Mungkin anda pernah menjumpai teman sekolah atau kuliah yang telah lama tidak bertemu, katakanlah sudah 5 tahun tidak bertemu, namun kondisi kehidupannya masih sama dengan 5 tahun yang lalu atau malahan lebih buruk lagi. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Sepertinya mereka gagal untuk belajar dari perjalanan hidup yang telah dilaluinya,  hidup mereka seperti berada dalam kerangkeng yang membuat mereka tidak bergerak kemana-mana, hanya berputar-putar di tempat yang sama, akhirnya yang didapatkan hanya kesia-siaan dan kebingungan semata. Berbagai kegagalan yang semestinya menjadi pelajaran tidak mampu diambilnya sebagai sebuah hikmah untuk menyusun langkah baru yang lebih baik. Ia hanya berkutat dan mengulang-ngulang kesalahan yang sama, akhirnya memang tidak ada hal baru yang positif yang muncul dalam hidupnya.

Fenomena ini yang biasanya berujung pada menyalahkan keadaan, menyalahkan orang lain bahkan sampai menyalahkan Allah SWT Sang Pengatur Alam Yang Maha Sempurna. Ia melihat kesalahan itu berada di luar dirinya sehingga ia tidak pernah introspeksi dan melihat kedalam dirinya yang justru perlu untuk berubah agar nasib dirinya juga bisa berubah.

Sobat sekalian, jika anda ingin kehidupan anda menjadi lebih baik, hargailah waktu demi waktu yang telah anda lalui, belajarlah dari perjalanan hidup anda, katakan kepada diri anda bahwa anda siap untuk melakukan apapun termasuk merubah sikap dan cara pandang anda terhadap kehidupan, temui dan belajarlah dengan teman-teman anda yang telah sukses dengan kehidupannya, dengarkan dan ambil hal yang positif yang telah dilakukannya, selanjutnya praktekkan dalam hidup anda hal-hal positif yang terbukti telah mensukseskan hidup teman-teman anda. Tinggalkan masa lalu anda, hiduplah untuk masa depan, dan masa depan hanya menjadi milik orang-orang yang siap untuk terus belajar termasuk belajar dari pengalaman hidup dan siap untuk memperbaiki dirinya.

 

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer