Hidup Ini Singkat Maka Optimalkanlah Dengan Amal Shaleh

Banyak orang yang tahu bahwa hidup ini singkat, tapi kebanyakan manusia tidak benar-benar menyadarinya dan tergerak untuk mengisi hidup yang singkat ini dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang lain.

Masih sering kita dengar banyaknya penyesalan dari berbagai orang yang telah mendekati ajalnya karena tidak banyak hal-hal yang bermanfaat yang dilakukannya selama masa sehat dan lapangnya. Inilah yang telah diingatkan Rasulullah SAW jauh 1400 tahun yang lalu dengan sabdanya: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

Waktu sehat dan waktu luang merupakan modal paling berharga bagi kita untuk melakukan berbagai aktivitas positif dan produktif. Namun justru kebanyakan orang  dengan kesehatan dan waktu luangnya menggunakannya hanya untuk bersenang-senang dan memuaskan nafsu serta keinginannya semata dan tidak menghasilkan manfaat bagi kehidupannya.

Kebiasaan menyia-nyiakan waktu luang disaat tubuh sedang sehat-sehatnya ini yang sering mengantarkan banyak orang pada penyesalan menjelang akhir hayatnya, namun seperti biasa memang penyesalan selalu datang terakhir, setelah tidak ada lagi daya dan kekuatan barulah kesadaran muncul. Cerita lama yang sepertinya terus terjadi pada banyak orang.

Ingatlah pesan Rasullah SAW: “Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia“. Sungguh cukuplah pesan Rasulullah SAW ini menjadi pelajaran dan pengingat bagi kita untuk selalu menyertai waktu kita dengan amal-amal kebaikan yang bisa memberikan manfaat bagi diri dan orang lain.

Tak ada artinya lagi penyesalan menjelang akhir hayat, apalagi penyesalan di Hari Akhirat kelak, sebagaimana disampaikan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an-Nya yang Mulia tentang adanya permintaan manusia untuk dikembalikan ke dunia lagi setelah kematiannya. Hal ini karena kurangnya atau bahkan tidak ada amal shaleh yang dibawanya sewaktu meninggal. Sehingga mereka meminta untuk dapat dihidupkan kembali ke dunia walaupun hanya sebentar . Tentu ini permintaan yang sia-sia saja.

Marilah sahabat life optimizer kita optimalkan hidup yang singkat ini dengan berpacu dalam melakukan berbagai amal shaleh yang diridhai Allah SWT sebagaimana telah dicontohkan Rasulullah SAW semasa hidupnya, agar akhir hayat kita menjadi saat-saat terindah bagi kita untuk kembali kepada Allah SWT.

Baihaqi

Life Optimizer Trainer

SHARE JIKA ANDA MENDAPAT MANFAAT

Visit www.baihaqilifeoptimizer.com
Follow twitter @BaihaqiMdn

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer