Buang Sifat Merasa Pandai, Agar Hidup Anda Semakin Bertumbuh

Pengalaman dan ilmu yang telah dimiliki seseorang terkadang bisa membuatnya malas untuk terus belajar dan menerima nasehat serta saran dari orang-orang di sekitarnya, karena ia menganggap dirinya lebih super dan lebih hebat dibanding orang-orang yang menasehatinya. Orang-orang yang merasa dirinya  punya banyak ilmu dan pengalaman tanpa sadar telah terjebak dengan ilmu dan pengalaman hidupnya. Padahal ilmu dan pengalaman yang dimilikinya bisa jadi sudah tidak up to date lagi dengan perkembangan keadaan saat ini. Namun karena perasaan lebihnya tersebut membuatnya sulit untuk menerima hal-hal yang baru.

Jika anda memiliki atasan yang merasa paling pandai, sepertinya ide-ide dan saran anda akan sulit untuk diterimanya, karena menerima ide dari bawahan dianggapnya dapat menjatuhkan harga dirinya, sehingga setiap pekerjaan seluruhnya harus berdasarkan arahan dari atasan. Tentu perusahaan yang memiliki pemimpin dengan sikap seperti ini akan merugikan perusahaan dalam jangka panjang, karena para karyawan akan menjadi malas dan bersikap apatis untuk memberikan saran dan ide bagi kemajuan perusahaan. Padahal ide-ide baru serta inovasi sangat dibutuhkan perusahaan untuk tetap dapat terus bertahan dalam persaingan.

Begitu pula jika anda memiliki bawahan yang merasa pandai, akan sulit bagi anda untuk mengarahkannya melakukan pekerjaan sesuai dengan yang anda inginkan, selalu ada argumen untuk menolak hal-hal baru yang dibebankan kepadanya. Bawahan tipe ini adalah bawahan yang malas untuk menerima kemajuan sehingga selalu merasa terusik dengan adanya hal-hal baru yang diterapkan di dalam perusahaan.

Intinya dalam berbagai bidang  kehidupan, jika sifat merasa pandai ini ada pada diri kita, akan sulit bagi kita untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, karena sikap merasa pandai akan menutup banyak pintu kebaikan baru bagi kita. Padahal dengan selalu mau belajar dan mendengar nasehat akan menjadi pembuka peluang untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan, tentunya juga dapat menjadikan hidup kita semakin bertumbuh.

Ingat, jangan karena karir anda yang sudah berada di puncak, atau jenjang pendidikan anda yang sudah cukup tinggi menjadikan anda semakin sombong dan merasa super, inilah yang menjadi awal petaka kehidupan anda, janganlah merasa puas dengan apa yang telah anda miliki saat ini, justru dengan apa yang sudah anda miliki saat ini sudah seberapa besar manfaat yang anda berikan kepada orang-orang di sekitar anda.

Tetaplah merasa bodoh dan merasa kurang dengan kondisi kita saat ini karena belajar, belajar, dan terus belajar adalah cara terbaik untuk menjadikan hidup kita tetap dan terus bertumbuh.

 

Baca Tulisan saya lainnya:

Ingin Karir dan hidup anda semakin optimal? Miliki sikap positif thinking

 

Trainer Spesialis Pengembangan Diri 0852 8811 9564

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer